Redaksi Artikel ini officially diposting oleh Admin Klikjon.com. Telusuri konten-konten kami lainnya, ya! Have a nice day!

Cara Hapus Akun Telegram dengan Cepat dan Permanen, Lengkap!

3 min read

cara hapus akun telegram

Lagi cari cara menghapus akun Telegram? Berikut ini adalah tutorial cara hapus akun Telegram dengan cepat dan permanen.

Semakin ke sini, aplikasi perpesanan singkat Telegram semakin lama semakin banyak digunakan.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Telegram ketimbang aplikasi sejenis, seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.

Seperti misalnya, Telegram punya keunggulan dalam hal privasi data, mulai dari enkripsi berlapis hingga fitur pesan yang dapat terhapus secara otomatis.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur hapus akun secara otomatis setelah sebulan atau beberapa bulan, ini sesuai pengaturan yang kamu gunakan.

Meskipun begitu, ada banyak orang yang mencari cara bagaimana menghapus akun Telegram mereka dengan berbagai alasan.

Salah satunya, mungkin Telegram kurang populer di masyarakat Indonesia, sehingga tidak banyak orang yang bisa kita hubungi menggunakan Telegram.

Selain itu, mungkin saja kamu merasa akun Telegram kamu dihack atau disadap, sehingga kamu ingin menghapus akun dan membuat akun baru lagi dengan nomor HP yang baru.

Kalau begitu, di sini Klikjon mencoba memberikan solusi secara lengkap dan tuntas mengenai permasalahan-permasalahan tersebut.

Di tutorial kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menghapus akun Telegram di HP Android maupun iPhone, di laptop atau PC, hingga solusi menghapus akun Telegram yang dihack.

Simak terus sampai akhir, ya!

Cara Hapus Akun Telegram dengan Aplikasi

Bisa dibilang, ini merupakan cara paling mudah untuk menghapus akun Telegram. Secara, kamu bisa menonaktifkan akun langsung lewat aplikasi Telegram di HP kamu.

Selain itu, jika kamu mencari cara bagaimana menghapus akun Telegram tanpa kode verifikasi, maka cara ini juga bisa digunakan. Dengan cara ini, akun Telegram kamu akan terhapus secara otomatis tanpa kode verifikasi.

Sebenarnya, kamu bisa mempraktekkan cara ini menggunakan HP, baik Android maupun iPhone, atau melalui PC atau laptop. Secara, aplikasi Telegram juga tersedia versi desktop-nya.

Namun di sini, saya akan mempraktekkan menggunakan HP Android karena lebih gampang. Oke, biar nggak bingung, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah #1: Pertama, buka aplikasi Telegram di HP kamu.

Langkah #2: Tap menu navigasi di bagian pojok kiri-atas.

Langkah #3: Pilih Pengaturan.

telegram

Langkah #4: Lalu, pilih Privasi dan Keamanan.

Langkah #5: Setelah itu, cari opsi Hapus akun saya, lalu tap Jika berjarak.

cara hapus akun telegram

Langkah #6: Nah, di situ ada pilihan 1 bulan3 bulan6 bulan, dan 1 tahun. Pilih saja waktu tercepat, yaitu 1 bulan.cara menghapus akun telegram

Langkah #7: Setelah pengaturan tersebut diset menjadi 1 bulan, maka kamu tinggal menunggu selama 1 bulan dan tidak membuka Telegram lagi agar akun kamu bisa terhapus secara otomatis.

Jadi, dalam kurun waktu 1 bulan tersebut, kamu jangan membuka Telegram lagi jika ingin menghapus akun Telegram kamu secara permanen.

Untuk memudahkan, kamu bisa uninstall saja aplikasi Telegram dari HP kamu.

Nah, setelah 1 bulan akun kamu tidak dibuka, akun kamu akan terhapus secara otomatis beserta semua riwayat grup, pesan chat, dan kontaknya.

Bisa dibilang, cara ini sebenarnya tidak menghapusnya secara langsung. Akan tetapi, kamu hanya menyetel pengaturan jangka waktu sehingga akun Telegram kamu terhapus secara otomatis.

Meski begitu, cara ini dapat digunakan untuk kamu yang nomor Telegram-nya sudah tidak aktif sehingga tidak dapat menerima kode verifikasi.

Cara Hapus Akun Telegram dengan Web Browser

Selain di aplikasi Telegram, kita juga bisa loh menghapus akun Telegram menggunakan browser di laptop atau HP kita, yaitu lewat sebuah link yang memang dibuat oleh Telegram khusus untuk keperluan penghapusan akun.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah: kamu bisa menghapus akun Telegram dengan cepat tanpa harus menunggu selama 1 bulan atau berbulan-bulan.

Tapi syaratnya, kamu perlu memastikan bahwa nomor HP yang didaftarkan di akun Telegram kamu masih aktif, karena nantinya ada proses verifikasi melalui SMS di nomor HP kamu.

Cara ini juga sebenarnya dapat dilakukan di HP ataupun di laptop/PC. Tapi di sini, saya akan mempraktekkan menggunakan laptop karena lebih mudah.

Kalau kamu menggunakan HP, tinggal sesuaikan saja, ya!

Berikut ini langkah-langkah menghapus akun Telegram tanpa menunggu berbulan-bulan:

Langkah #1: Pertama, buka dulu browser di laptop/PC kamu.

Langkah #2: Buka link berikut: http://my.telegram.org/auth?to=deactivate.

Langkah #3: Lalu, masukkan nomor Telegram kamu di kolom Your Phone Number. Kalau sudah, klik Next.

cara hapus telegram

Langkah #4: Setelah itu, Telegram akan mengirim pesan berupa kode verifikasi. Jadi, cek pesan di Telegram kamu.

Langkah #5: Setelah kamu menerima kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke kolom Confirmation code. Lalu, klik Sign in.

Langkah #6: Di halaman Delete Your Account?, scroll ke bawah, akan ada kolom Why are you leaving?. Maka, isi kolom tersebut dengan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Telegram kamu.

cara hapus akun telegram

Langkah #7: Kalau sudah yakin, maka klik saja Delete My Account. Jika muncul pop-up lagi, maka pilih Yes, delete my account.

Sudah, akun Telegram kamu sudah berhasil dihapus tanpa harus menunggu selama berbulan-bulan seperti cara yang pertama.

Cara ini juga efektif digunakan untuk menghapus akun Telegram yang dihack, loh.

Lakukan Ini Sebelum Kamu Menghapus Akun Telegram

Sebelum kamu benar-benar menghapus akun Telegram, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah: melakukan backup data-data penting yang ada di akun Telegram kamu.

Di era digital seperti sekarang ini, data merupakan satu aset berharga, terutama data-data yang memang berkaitan dengan karier atau pekerjaan sebagai profesional.

Terlebih lagi jika kamu sedang bekerja di sebuah perusahaan yang menggunakan Telegram sebagai media komunikasi dan bertukar data, maka tentu hal ini sangat-sangat krusial untuk diperhatikan.

Bukan cuma itu saja, data-data tersebut mungkin bisa berupa foto atau video kamu sebagai kenang-kenangan, atau berkas tugas kuliah, atau lain sebagainya.

Karena jika kamu sudah terlanjur menghapus akun Telegram, maka tidak ada cara untuk mengembalikan akun Telegram atau data-data yang tersimpan di dalamnya, sebab semuanya sudah terhapus.

Maka dari itu, sebelum melakukan penghapusan akun Telegram, pastikan kamu sudah melakukan backup data dari Telegram kamu.


Baca juga: Simak 4 Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen


***

Bagaimana, sudah berhasil mempraktekkan cara hapus akun Telegram di atas? Kalau kamu mengalami kendala tidak bisa menghapus akun Telegram kamu, jangan sungkan tanyakan di kolom komentar, ya!

Redaksi Artikel ini officially diposting oleh Admin Klikjon.com. Telusuri konten-konten kami lainnya, ya! Have a nice day!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *