contoh iklan layanan masyarakat

30+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat Paling Menarik Lengkap

Contoh iklan layanan masyarakat adalah bentuk iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, dan kesadaran pada masyarakat tentang berbagai isu sosial, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Iklan ini biasanya disiarkan di televisi, radio, cetak, online, atau media lainnya secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu iklan layanan masyarakat, struktur yang harus ada dalam iklan layanan masyarakat, serta beberapa contoh iklan layanan masyarakat baik dalam bentuk gambar, video, maupun naskah.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda untuk membuat iklan layanan masyarakat yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Apa itu Iklan Layanan Masyarakat?

Iklan layanan masyarakat adalah bentuk iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, dan kesadaran pada masyarakat tentang berbagai isu sosial, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Iklan ini biasanya disiarkan di televisi, radio, cetak, online, atau media lainnya secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau.

Tujuan dari iklan layanan masyarakat adalah untuk mengedukasi masyarakat dan mempromosikan nilai-nilai sosial positif.

Iklan ini tidak bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu, tetapi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Beberapa contoh isu sosial yang sering diangkat dalam iklan layanan masyarakat antara lain keselamatan berkendara, kebersihan lingkungan, kesehatan, pendidikan, narkoba, HIV/AIDS, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan iklan layanan masyarakat, lembaga atau organisasi dapat mencapai tujuan mereka dalam memberikan informasi dan edukasi pada masyarakat, serta membangun kesadaran dan kepedulian terhadap berbagai isu sosial yang diangkat.

Struktur Iklan Layanan Masyarakat

Untuk membuat iklan layanan masyarakat yang efektif, Anda harus memperhatikan setiap bagian dari struktur iklan tersebut dan memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas oleh audiens.

Apa saja yang harus ada di iklan layanan masyarakat?

Berikut adalah struktur umum dari iklan layanan masyarakat:

  1. Pembukaan 
    Bagian ini berisi pengenalan atau pembukaan iklan, dan menarik perhatian audiens. Pembukaan yang menarik dapat membuat audiens tertarik untuk terus menonton iklan.
  2. Isu atau Pesan
    Bagian ini berisi pesan yang ingin disampaikan pada audiens terkait isu sosial atau lingkungan yang ingin dipromosikan. Pesan harus disampaikan dengan jelas dan efektif agar audiens dapat memahami dan mengingat pesan tersebut.
  3. Solusi atau Tindakan
    Bagian ini berisi solusi atau tindakan yang dapat diambil oleh audiens untuk mengatasi isu sosial atau lingkungan yang disampaikan dalam iklan. Tindakan yang disarankan harus spesifik dan praktis sehingga audiens dapat melakukan tindakan tersebut dengan mudah.
  4. CTA (Call-to-Action)
    Bagian ini berisi panggilan untuk tindakan atau ajakan untuk audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti berkunjung ke situs web atau organisasi, menyumbangkan uang atau waktu, atau mengikuti gerakan sosial tertentu.
  5. Penutup
    Bagian ini berisi penutup atau kesimpulan iklan. Penutup harus memberikan kesan yang kuat pada audiens dan mengingatkan mereka tentang pesan iklan.

Dengan struktur iklan yang baik, iklan layanan masyarakat dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mempromosikan isu sosial atau lingkungan yang penting dan membantu membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap isu-isu tersebut.

Baca juga: 10+ Contoh Iklan Kesehatan yang Menarik dan Kreatif

Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat

Untuk membuat sebuah iklan layanan masyarakat, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih pesan yang ingin diangkat.

Pada bagian ini, kita akan merinci 30 contoh teks iklan layanan masyarakat, baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, yang dapat menjadi inspirasi untuk memilih sebuah pesan iklan.

  1. “Bersihkan Tanganmu, Cegah Penyebaran Virus”
    Kami mengajak semua orang untuk mencuci tangan secara teratur dan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus. Bersihkan tanganmu, cegah penyebaran virus!
  2. “Peduli Pendidikan, Bangun Masa Depan yang Lebih Baik”
    Kami mengajak semua orang untuk memperhatikan pendidikan dengan memberikan dukungan pada program-program pendidikan atau membantu anak-anak di sekitar kita. Peduli pendidikan, bangun masa depan yang lebih baik!
  3. “Bersama Lawan Diskriminasi”
    Kami mengajak semua orang untuk bersama-sama melawan diskriminasi dan mempromosikan kesetaraan dengan menghormati perbedaan dan mendorong keberagaman. Bersama lawan diskriminasi!
  4. “Berantas Narkoba, Jauhi Bahaya”
    Kami mengajak semua orang untuk berperan aktif dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dengan tidak mengonsumsi narkoba dan memberikan dukungan kepada keluarga atau teman yang memerlukan bantuan. Berantas narkoba, jauhi bahaya!
  5. “Sayangi Hewan Peliharaanmu, Jadilah Pemilik yang Bertanggung Jawab”
    Kami mengajak semua orang untuk menjadi pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab dengan memberikan perawatan yang baik dan memberikan kasih sayang pada hewan peliharaan kita. Sayangi hewan peliharaanmu, jadilah pemilik yang bertanggung jawab!
  6. “Jangan Ada Lagi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak-Anak”
    Kami mengajak semua orang untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak dengan tidak menjadi pelaku kekerasan, melaporkannya, dan memberikan dukungan pada korban. Jangan ada lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak!
  7. “Jangan Biarkan Diri Tersesat dalam Dunia Narkoba”
    Kami mengajak semua orang untuk menghindari narkoba dengan tidak mencobanya, mencari bantuan jika membutuhkan, dan memberikan dukungan pada teman atau keluarga yang terkena pengaruh narkoba. Jangan biarkan diri tersesat dalam dunia narkoba!
  8. “Mari Bersama-sama Menjaga Kesehatan Mental Kita”
    Kami mengajak semua orang untuk memperhatikan kesehatan mental dengan mengurangi stres, mengambil waktu untuk diri sendiri, dan mencari dukungan jika dibutuhkan. Mari bersama-sama menjaga kesehatan mental kita!
  9. “Peduli Kesehatan Gigi, Jaga Senyummu”
    Kami mengajak semua orang untuk memperhatikan kesehatan gigi dengan menjaga kebersihan mulut, menghindari konsumsi makanan dan minuman yang merusak gigi, dan mengunjungi dokter gigi secara berkala. Peduli kesehatan gigi, jaga senyummu!
  10. “Mari Bersama-sama Membantu Korban Bencana Alam”
    Kami mengajak semua orang untuk memberikan bantuan pada korban bencana alam dengan cara menyumbangkan dana atau barang kebutuhan darurat, serta membantu dalam proses evakuasi dan rekonstruksi. Mari bersama-sama membantu korban bencana alam!
  11. “Mari Bersama-sama Menghormati Hak Asasi Manusia”
    Kami mengajak semua orang untuk menghormati hak asasi manusia dengan tidak melakukan diskriminasi berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau orientasi seksual, serta menghargai kebebasan dan hak-hak dasar semua orang. Mari bersama-sama menghormati hak asasi manusia!
  12. “Bersama Lawan Perdagangan Manusia dan Eksploitasi Anak”
    Kami mengajak semua orang untuk melawan perdagangan manusia dan eksploitasi anak dengan cara menghindari tindakan yang memperparah situasi tersebut, serta melaporkan kasus yang terjadi kepada pihak yang berwenang. Bersama lawan perdagangan manusia dan eksploitasi anak!
  13. “Jangan Buang Sampah Sembarangan, Jaga Kebersihan Lingkunganmu”
    Kami mengajak semua orang untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah, serta membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Jangan buang sampah sembarangan, jaga kebersihan lingkunganmu!
  14. “Bersama Lawan Stigma pada Orang dengan Gangguan Mental”
    Kami mengajak semua orang untuk melawan stigma pada orang dengan gangguan mental dengan cara meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang masalah kesehatan mental, serta memberikan dukungan pada mereka yang membutuhkan. Bersama lawan stigma pada orang dengan gangguan mental!
  15. “Jangan Tinggalkan Hewan Peliharaanmu, Mereka Butuh Cinta dan Perhatianmu”
    Kami mengajak semua orang untuk menjadi pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab dengan memberikan perawatan yang baik, memberikan kasih sayang, dan tidak meninggalkan hewan peliharaan secara sembarangan. Jangan tinggalkan hewan peliharaanmu, mereka butuh cinta dan perhatianmu!
  16. “Mari Bersama-sama Melawan Perubahan Iklim dan Selamatkan Bumi”
    Kami mengajak semua orang untuk melawan perubahan iklim dengan cara mengurangi emisi gas rumah kaca, menggunakan sumber energi terbarukan, serta mendukung upaya penyelamatan lingkungan. Mari bersama-sama melawan perubahan iklim dan selamatkan bumi!
  17. “Mari Bersama-sama Meningkatkan Kesadaran tentang Kesehatan Reproduksi”
    Kami mengajak semua orang untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan reproduksi dengan cara mempelajari tentang reproduksi dan menghindari tindakan yang berisiko, serta melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi dengan dokter jika dibutuhkan. Mari bersama-sama meningkatkan kesadaran tentang kesehatan reproduksi!
  18. “Jangan Biarkan Anak Terlibat dalam Kekerasan dan Pelecehan Seksual”
    Kami mengajak semua orang untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan pelecehan seksual dengan cara mengajarkan anak-anak untuk berbicara terbuka tentang isu-isu ini, melaporkan kasus yang terjadi, serta memberikan dukungan pada korban. Jangan biarkan anak terlibat dalam kekerasan dan pelecehan seksual!
  19. “Bersama Jaga Keamanan Digital dan Privasi Anda”
    Kami mengajak semua orang untuk menjaga keamanan digital dan privasi dengan cara menghindari tindakan yang berisiko seperti membagikan informasi pribadi, menggunakan sandi yang kuat, serta mengaktifkan proteksi keamanan pada perangkat digital. Bersama jaga keamanan digital dan privasi Anda!
  20. “Jangan Membiarkan Kejahatan Terhadap Hewan Terus Berlanjut”
    Kami mengajak semua orang untuk melindungi hewan dengan cara tidak melakukan tindakan kekerasan pada hewan, melaporkan kasus-kasus kejahatan terhadap hewan, serta memberikan dukungan pada organisasi yang peduli pada kesejahteraan hewan. Jangan membiarkan kejahatan terhadap hewan terus berlanjut!
  21. “Save Water, Save the Earth”
    We all have a responsibility to conserve water and protect our planet. By using water wisely and avoiding wasteful practices, we can help to ensure that there is enough clean water for generations to come. Save water, save the earth!
  22. “Stand Up Against Bullying”
    We must all work together to stop bullying by reporting it and supporting those who are being bullied. It’s time to stand up and say no to bullying!
  23. “Don’t Drink and Drive”
    Drinking and driving is never a good idea. It puts everyone on the road at risk and can have devastating consequences. Don’t drink and drive – it’s not worth the risk.
  24. “Protect Your Health, Get Vaccinated”
    Getting vaccinated is one of the most important things you can do to protect your health and the health of those around you. Make sure you and your loved ones are up-to-date on all recommended vaccinations.
  25. “Be Prepared for Emergencies”
    Emergencies can happen at any time, so it’s important to be prepared. Make sure you have an emergency kit, a plan for what to do in case of an emergency, and know where to go for help. Be prepared for emergencies – it could save your life.
  26. “Help Reduce Plastic Waste”
    Our planet is drowning in plastic waste, but we can all do our part to help reduce it. Use reusable bags, bottles, and containers, recycle whenever possible, and avoid single-use plastics. Together, we can make a difference!
  27. “Mental Health Matters”
    Mental health is just as important as physical health. If you or someone you know is struggling, seek help and support. Don’t be afraid to reach out for help – you’re not alone.
  28. “Stop Human Trafficking”
    Human trafficking is a form of modern-day slavery that affects millions of people around the world. Learn the signs, report suspicious activity, and support organizations that are working to end human trafficking. Together, we can make a difference.
  29. “Say No to Texting and Driving”
    Distracted driving is dangerous, and texting while driving is one of the most dangerous distractions. Make a commitment to stay focused on the road and put your phone away while driving. Say no to texting and driving – it can wait.
  30. “Plant a Tree, Grow a Future”
    Trees are essential to our planet’s health and our own well-being. Plant a tree in your yard, in your community, or support organizations that are planting trees around the world. Together, we can grow a brighter future.

Dari beragam contoh teks iklan layanan masyarakat di atas, kita dapat mengembangkannya menjadi sebuah naskah atau skenario.

Baca juga: 20+ Contoh Iklan Penawaran Jasa beserta Gambar yang Menarik

Contoh Naskah Iklan Layanan Masyarakat

Dengan memahami struktur dalam iklan layanan masyarakat dan memilih pesan sosial yang ingin diangkat, maka kita bisa membuat skenario atau naskah iklan dengan benar dan efektif.

Berikut adalah contoh naskah iklan layanan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan:

Pembukaan:

Di tengah pandemi ini, menjaga kesehatan dan kebersihan sangatlah penting. Meskipun vaksin telah tersedia, tetap saja, kita perlu melakukan langkah-langkah kecil untuk mencegah penyebaran virus.

Isu atau Pesan:

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Jangan lupa mencuci tangan dengan air dan sabun selama setidaknya 20 detik, atau dengan hand sanitizer bila air tidak tersedia. Selain itu, pastikan untuk menggunakan masker saat berada di tempat umum dan menjaga jarak dengan orang lain.

Solusi atau Tindakan:

Dengan melakukan tindakan kecil ini, kita semua dapat membantu mencegah penyebaran virus. Bersama-sama kita dapat memerangi pandemi ini dan melindungi kesehatan kita sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

CTA (Call-to-Action):

Mari kita semua bersama-sama memperhatikan kebersihan dan kesehatan kita dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Jadilah bagian dari perubahan dan mulailah dari diri sendiri.

Penutup:

Ingatlah, kebersihan dan kesehatan adalah tanggung jawab kita bersama. Jangan ragu untuk melakukan langkah kecil yang dapat membuat perbedaan besar. Ayo kita semua bersama-sama menjaga diri sendiri dan orang lain dengan cara yang mudah ini.

Contoh Gambar Iklan Layanan Masyarakat

Setelah membuat naskah iklan, maka dapat dikembangkan menjadi iklan layanan masyarakat dalam bentuk gambar.

Dalam bab ini, kita akan merinci beberapa contoh gambar iklan layanan masyarakat dengan berbagai jenis isu yang diangkat.

Selain itu, menyertakan contoh gambar iklan layanan masyarakat dalam bahasa Inggris.

1. Kampanye Anti Korupsi

2. Kampanye Menjaga Bumi

3. Kampanye Pendidikan

contoh iklan layanan masyarakat

4. Kampanye Kebersihan Sekolah

5. Kampanye Anti Narkoba

contoh iklan layanan masyarakat

Contoh Video Iklan Layanan Masyarakat

Selain membuat dalam bentuk gambar, naskah atau skenario iklan juga dapat dikembangkan menjadi sebuah iklan video.

Di bagian ini, ada kumpulan contoh video iklan layanan masyarakat dengan berbagai jenis pesan yang diangkat, seperti bijak bermedia sosial, tentang pekerja rantau, menjaga lingkungan, dan sebagainya.

Selain itu, menyertakan juga contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa Inggris dan dari pemerintah.

1. Bijak Bermedia

2. Save Earth

3. Stop Littering! (Bahasa Inggris)

4. Pekerja Rantau

5. Gerakan Literasi Nasional

Contoh Iklan dari Pemerintah

Pada bagian ini, kita akan merinci beragam contoh iklan layanan masyarakat yang diterbitkan oleh pemerintah secara resmi, seperti gerakan melawan COVID-19, iklan edukasi kesehatan, program KB, dan lain sebagainya.

1. Gerakan Melawan COVID-19

contoh iklan pemerintah

2. Edukasi Ikan Bergizi Tinggi

contoh iklan pemerintah

3. Program Keluarga Berencana

contoh iklan pemerintah

4. Edukasi Mencegah Tekanan Darah Tinggi

5. Edukasi Risiko Pernikahan Dini

contoh iklan layanan masyarakat

Baca juga: 14 Contoh Iklan Produk Simpel beserta Penjelasannya

Kesimpulan

Dalam menjalankan program sosial, iklan layanan masyarakat memegang peran penting dalam menyampaikan pesan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu sosial atau lingkungan yang penting.

Dalam membuat iklan layanan masyarakat yang efektif, perlu mempertimbangkan jenis iklan yang tepat, struktur iklan yang baik, dan pesan yang jelas dan efektif.

Dengan memanfaatkan iklan layanan masyarakat dengan tepat, kita dapat mempromosikan isu-isu sosial dan lingkungan yang penting, meningkatkan kesadaran masyarakat dan membangun dukungan untuk gerakan sosial yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *