pengertian backdoor

Pengertian Backdoor dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mendengar istilah backdoor? Jika belum mengetahuinya, melalui pembahasan ini kami akan sedikit sharing tentang apa itu backdoor, jenis dan cara mengatasi backdoor. Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini!

Pengertian Backdoor

Backdoor adalah sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengakses sebuah sistem, aplikasi maupun jaringan tanpa melewati proses autentikasi. Backdoor memang seringkali digunakan untuk meretas, sehingga hacker bisa masuk ke dalam sistem tanpa melalui autentikasi resmi yang diberikan ketika sewa server.

Pengertian backdoor yang lainnya adalah mekanisme yang digunakan untuk melakukan akses ke sebuah sistem maupun jaringan tertentu. Awal mula backdoor ini dikembangkan adalah untuk mendapatkan akses secara khusus ke program yang sedang dikembangkan.

Terlebih jika terjadi masalah pada program maupun aplikasi yang sedang dikembangkan, misalnya saja seperti crash dan masalah lainnya seperti bug. Ketika masalah tersebut muncul, backdoor bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Akan tetapi seiring perkembangan teknologi, backdoor banyak disalahgunakan untuk mengambil alih akses sistem secara paksa. Biasanya backdoor akan disisipkan ke dalam sebuah kode sistem maupun program secara diam-diam.

Dengan begitu pengguna tidak bisa mengetahui bahwa di sistemnya ada backdoor, akibatnya sang pembuat backdoor bisa masuk dan mengakses ke sistem tersebut secara keseluruhan. Bahaya sekali bukan?

Jenis-Jenis Backdoor

Sampai saat ini terdapat dua jenis backdoor yang bisa kamu identifikasi, berikut di antaranya:

1. System Backdoor

Jenis backdoor yang pertama adalah sistem backdoor dan jenis ini bisa dibilang salah satu jenis backdoor yang paling populer. Jenis backdoor yang satu ini seringkali menargetkan sistem untuk diambil alih.

Hal itu dikarenakan dapat memberikan fleksibilitas dan juga stabilitas dibandingkan dengan jenis backdoor lainnya yang akan kami bahas nanti yaitu web shell backdoor.

2. Web Shell Backdoor

Jenis backdoor yang kedua adalah web shell backdoor yang biasanya digunakan untuk memperoleh backdoor melalui web shell. Tapi, apa itu web shell? Sederhananya web shell adalah jenis teks perintah yang ada pada halaman website.

Perintah tersebut dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan akses ke dalam sistem dengan melakukan eksekusi pada program tertentu di dalamnya.

Cara Mengatasi Backdoor

Setelah kamu mengetahui pengertian backdoor, jenis dan bahaya dari backdoor, saatnya kita atasi masalah ini. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Gunakan Antivirus Versi Terbaru

Menggunakan software antivirus versi terbaru bisa membantu kamu dalam mengatasi backdoor, bahkan tidak hanya backdoor. Sistem pengganggu seperti malware, trojan dan spyware bisa diatasi dengan antivirus terbaru.

Software antivirus yang bagus akan melindungi beberapa tools yang ada di perangkat kamu seperti firewall, WiFi, proteksi website, mikrofon dan webcam. Semuanya akan dilindungi dengan antivirus tersebut, sehingga kamu bisa memastikan semuanya aman.

2. Aktifkan Firewall

Firewall memiliki fungsi sebagai monitor trafik keluar masuk jaringan, sehingga ketika ada ancaman kamu bisa melakukan eliminasi dengan sangat baik. Memang, sekarang ini setiap antivirus terbaru sudah dilengkapi dengan firewall, namun tidak ada salahnya, mengaktifkan bawaan dari OS.

3. Hati-Hati dalam Mengunduh Perangkat Lunak di Internet

Ketika kamu akan melakukan pengunduhan perangkat lunak di internet, pastikan terlebih dahulu sumbernya aman dan legal. Hindari penggunaan perangkat lunak bajakan yang banyak tersebar di internet.


Baca juga : Proxy Gratis Terbaik


Jika kamu ceroboh dalam mengunduh perangkat lunak, terutama jika kamu mendapatkannya dari sumber yang kurang terpercaya. Resiko perangkat tersebut disusupi backdoor akan semakin besar, jadi berhati-hati dalam mengunduh software adalah cara terbaik.

4. Menggunakan Password Manager

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan password manager, fungsinya untuk menyimpan informasi login seperti username dan juga password. Tidak hanya itu saja, password manager juga menyediakan login otomatis.

Umumnya, password manager ini digunakan untuk mengenkripsi database password dan membantu kamu mengetikkan username dan password ketika kamu hendak melakukan login. Kamu hanya perlu menyimpan password dalam password manager dan kemudian membuka master password.

5. Perbarui Software di Perangkat Secara Teratur

Orang yang tidak bertanggung jawab tahu apa yang menjadi kelemahan setiap perangkat yang ada di dunia ini. Salah satunya adalah sistem maupun software yang digunakan tidak diperbaharui secara teratur.

Jika kamu secara teratur melakukan pembaharuan perangkat, maka secara otomatis akan ada pembaruan keamanan juga yang bisa mengeliminasi ancaman yang datang. Banyak data personal maupun data sensitif bocor, dikarenakan ada kelemahan keamanan karena jarang diperbaharui.

Akan tetapi, para pengembang software sudah sering mengeluarkan update terbaru untuk mengatasi masalah keamanan tersebut. Agar kamu tidak lupa memperbaharui, pastikan fitur auto-update dinyalakan, sehingga bisa melakukan pembaruan secara otomatis.

Yuk, Lindungi Perangkat dari Serangan Backdoor yang Mengancam Keamanan!

Sekarang kamu sudah tahu kan pengertian backdoor? Jadi, backdoor memang dikembangkan oleh para programmer untuk mengatasi solusi jika beberapa software yang sedang dikembangkan mengalami masalah.

Namun, seiring perkembangan teknologi. Backdoor tidak hanya untuk mengatasi masalah, tapi digunakan juga untuk menimbulkan masalah terutama dalam merugikan orang lain. Maka dari itu, cara mengatasi di atas adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.