trik menggunakan whatsapp

Trik Menggunakan WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Pada zaman sekarang, kebanyakan orang sudah menggunakan aplikasi pengirim pesan instan untuk saling bertukar informasi di pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang kamu juga sudah tidak asing adalah WhatsApp.

Berdasarkan informasi dari Katadata, pengguna WhatsApp terhitung Januari 2022 sudah memiliki sekitar 2 miliar pengguna aktif. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 84,8 juta pengguna atau sekitar 30,9% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Hal ini menandakan bahwa penggunaan WhatsApp sudah umum di Indonesia.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, WhatsApp sebenarnya cukup mudah digunakan. Namun, ternyata masih ada beberapa fitur ataupun cara penggunaan WhatsApp yang mungkin belum diketahui oleh seluruh pengguna. Untuk itu, di sini kami merangkum beberapa trik menggunakan WhatsApp yang mungkin belum kamu tahu.

1. Mengirim File Media yang Hanya Bisa Dilihat Sekali oleh Penerima

Kamu pasti sering menggunakan WhatsApp untuk saling berkirim file media dalam bentuk gambar, foto ataupun video. Terkadang ada beberapa media yang sebenarnya bersifat cukup privat dan sensitif tetapi penting untuk dikirim. Dalam hal ini, dapat kita contohkan seperti gambar yang memiliki informasi dan identitas pribadi.

Untuk meminimalkan peluang penyalahgunaan informasi tersebut, sebaiknya kamu mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali sehingga penerima tidak dapat menyimpannya. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur tersebut:

  • Pertama, buka ruang chat dengan kontak yang ingin kamu kirim pesan.
  • Tekan gambar paperclip pada bagian kiri kotak untuk menulis pesan untuk membuka galeri foto dan memilih gambar yang akan dikirim.
  • Atau menekan ikon kamera untuk mengambil foto baru untuk dikirim.
  • Setelah itu, tekan ikon ”1” di bagian kanan kotak menulis pesan.
  • Terakhir, tekan tanda panah atau enter untuk mengirim pesan.

Setelah mengikuti langkah di atas, seharusnya kamu sudah bisa mengirim gambar, foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali. Meskipun begitu, perlu diingat kalau fitur ini juga tidak dapat menjamin bahwa penerima tidak akan melakukan screenshot pada gambar yang kamu kirim, ya. Jadi harus tetap berhati-hati dalam berbagi informasi.

2. Hapus Pesan Otomatis

Saat ini, WhatsApp juga memiliki fitur disappearing message yang dapat membuat pesan terkirim akan terhapus setelah periode waktu tertentu. Periode waktu yang tersedia saat ini sampai pesan terhapus adalah mulai dari 24 jam, 7 hari dan paling lama 90 hari.

Fitur ini dapat kamu aktifkan untuk pengguna tertentu atau untuk grup obrolan. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur ini sebagai pengaturan default sehingga akan berlaku untuk semua pesan yang kamu kirim. Untuk mengaktifkannya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih kontak atau grup yang ingin dikirimi pesan.
  • Buka pengaturan dengan menekan “titik tiga” pada pojok kanan atas ruang obrolan.
  • Pilih menu “Disappearing Messages
  • Terdapat pilihan waktu dari 24 jam, 7 hari, dan 90 hari.
  • Kemudian, kamu dapat memilih waktu yang diinginkan hingga pesan terhapus otomatis.
  • Setelah itu, tekan tombol kembali dan fitur akan langsung aktif.

Fitur ini dapat kamu gunakan pada perangkat Android seperti OPPO Reno ataupun perangkat iOS seperti iPhone. Jadi, tidak perlu khawatir tentang perangkat yang digunakan akan mendukung fitur tersebut atau tidak.

3. Mematikan Fitur Unduhan Otomatis

Salah satu fitur yang terkadang dirasa mengganggu bagi para pengguna WhatsApp adalah fitur mengunduh file media secara otomatis. Sebenarnya, fitur ini cukup membantu untuk pengguna agar tidak perlu mengunduh setiap file yang diterima satu per satu. Namun, saat berada dalam sebuah grup obrolan, tidak semua file yang dikirim adalah sesuatu yang kita butuh kan.

Jika semua file yang dikirim akan terunduh secara otomatis, maka bisa menyebabkan penyimpanan smartphone tanpa sadar akan menjadi penuh. Ketika sudah terlanjur penuh, memilih dan menghapus file yang tidak dibutuhkan akan cukup menguras tenaga dan waktu. Dengan demikian, sebaiknya untuk mematikan fitur unduh otomatis, yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke pengaturan dengan menekan ikon “tiga titik” di pojok kanan atas dan pilih menu “Pengaturan”
  • Pilih menu “Penggunaan Data dan Penyimpanan”
  • Ubah pengaturan pada bagian “Media Auto-Download
  • Pengaturan pada bagian “Media Auto-Download” akan terbagi tiga tergantung jaringan data yang digunakan, yaitu “data seluler”, “Wifi” dan “roaming
  • Tekan pada salah satu jaringan yang kamu inginkan.
  • Kemudian, kamu dapat memilih media apa saja yang akan diunduh otomatis dan mana yang tidak.

4. Modifikasi Format Tulisan di WhatsApp

Format tulisan yang digunakan untuk menulis di WhatsApp biasanya sudah tersedia dalam format default atau bawaan dari pengembang aplikasi. Akan tetapi, para pengguna bisa mengubah format tulisan menjadi tebal, miring atau dicoret.

Untuk mengubah tulisan menjadi tebal, pengguna dapat menggunakan tanda bintang (*) di awal dan akhir kata/kalimat yang diinginkan. Contohnya, saat menuliskan *lebih tebal* di kotak menulis pesan, kata tersebut akan menjadi lebih tebal saat dikirim.

Untuk membuat tulisan miring, kamu dapat menambahkan tanda strip bawah (_). Contohnya, saat menulis _miring_ di kotak penulisan pesan, kata tersebut akan menjadi miring setelah dikirim.

Untuk membuat tulisan coret, kamu bisa menambahkan tanda ~ di awal dan akhir frasa. Contohnya, saat menulis ~coret~ di kotek menulis pesan, tulisan tersebut akan berubah menjadi coret.

Saat menulis pesan di WhatsApp ada banyak cara untuk mengubah format penulisan lainnya yang biasanya menggunakan aplikasi pembantu. Dengan dapat menulis dengan berbagai format, hal ini bisa membantu kamu untuk menulis pesan formal ataupun lebih mudah menyesuaikan fungsi dari pesan yang akan dikirim.

Demikianlah beberapa trik yang bisa kamu coba saat menggunakan WhatsApp. Semoga beberapa trik tersebut dapat membantu dan membuat pengalamanmu berkirim pesan menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.